Monday, May 31, 2010

Kerusuhan di Negeria Lebih Dari Isu Agama

Menteri Luar Negeri Nigeria, Hendry Odein  menyatakan bahwa konflik yang terjadi di negaranya saat ini lebih dari sekedar isu agama. Hal ini dinyatakan oleh Hendy  karena komunitas internasional banyak yang salah mengerti atas apa yang terjadi dan menganggap apa yang terjadi sekedar konflik antara komunitas Islam – Kristen saja.
“Lebih rumit dari hal itu,” demikian ungkap Hendry seperti yang dirilis oleh Christian Post.
Hendry Odein menjelaskan hal ini dalam kunjungannya mengikuti Konfrensi Wali Gereja Sedunia (World Council of Churches). Konflik yang terjadi di negara bagian Plateau yang menyebabkan ratusan orang tewas pada Maret lalu, lebih mengarah pada bentrokan antara penduduk asli setempat dengan komunitas imigran.
“Isunya adalah masalah sosial dan ekonomi,” ungkap Hendry.
Anggota WCC telah mengunjungi Nigeria pada 15-20 Mei lalu, dan mengunjungi desa dekat Jos, dimana rumah dan pasar di bakar serta sekitar 500 orang tewas di mana mayoritas yang tewas adalah umat Kristen.
WCC meminta pemerintah Nigeria memberikan perhatian khusus pada Negara bagian Plateau untuk memastikan mereka yang terlibat dalam kerusuhan tersebut di bawa ke pengadilan.
“Kami telah menemui mereka yang selamat, berbicara dengan mereka, mendengarkan mereka dan berdoa bersama mereka serta memberikan jaminan pada mereka bahwa komunitas  gereja secara global bersama dengan mereka dalam melalui krisis ini,” demikian ungkap Dr. Nigussu Legesse, pemimpin program khusus Afrika dari WCC.
Nigeria adalah salah satu negara di Afrika yang masyarakatnya terpecah karena perbedaan agama. Konflik berkepanjangan ini telah menewaskan ribuan orang tak bersalah, juga banyak mereka harus kehilangan rumah dan juga harta benda serta menjadi pengungsi. Mari kita dukung agar proses perdamaian dapat terjadi di Nigeria, sehingga kerusuhan antar saudara ini tidak berkepanjangan.

Source : Christian Post/jawaban.com

No comments:

Post a Comment